Minggu, Januari 03, 2010

Melindungi File Excel Dengan Password

Tentu bagi anda sudah tak asing lagi dengan microsoft office excel, sebuah aplikasi spreadsheet yang sering digunakan untuk membuat dokumen. Jika dokumen yang anda buat sifatnya rahasia dan tak ingin isinya di ketahui oleh orang lain maka anda dapat melindunginya dengan sebuah password
Untuk membuat password pada excel dapat dilakukan dengan langkah-langkah sebagai berikut:
  • Buka file excel yang akan anda beri password
  • Pilih menu file -> save as dan selanjutnya akan muncul kotak dialog save as
  • Pada kotak dialog save as klik tools dan pilih general options dan akan muncuk kotak dialog baru
  • Pada kotak dialog baru isi kolom "password to open" dengan password yang anda inginkan sehingga file tersebut dapat dibuka oleh orang lain dengan password yang anda buat tersebut, kemudian isi juga kolom "password to modify" dengan password yang anda inginkan sehingga file tersebut dapat dimodifikasi oleh orang yang mengetahui passwordnya, lalu tekan OK.
  • Kemudian akan muncul kotak dialog baru "reenter password to proceed" maka masukan kembali password yang anda ketikan pada kolom "password to open" lalu klik OK.
  • Kemudian pada "reenter password to modify" ketikan kembali password yang anda ketikan di kolom "password to modify" kemudian klik OK. Hal ini dilakukan agar tak terjadi kesalahan dalam pengetikan password.
  • Kemudian ketik nama file yang akan anda simpan dengan nama yang anda inginkan misalnya "Rahasia.xls"
  • Untuk menguji apakah file anda telah terproteksi maka anda buka file "Rahasia.xls maka akan muncul kotak dialog yang meminta anda untuk memasukan password. Ini pertanda bahwa dokumen yang anda buat telah terproteksi dengan password, maka masukan password yang anda buat tadi dan klik OK maka file tersebut akan terbuka..
Dengan cara yang sama anda juga dapat  memproteksi dokumen yang dibuat dari microsoft word.

Selamat mencoba

2 komentar:

angger mengatakan...

makasih atas infonya....

Heri Purnomo mengatakan...

@ Mas Angger : Sama-sama mas

Posting Komentar

Perbanyak Traffik Di Web mu

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Free Web Hosting