Selasa, Januari 12, 2010

Cara Mudah Membuat Dan Mengingat Password

Sudah cukup lama nggak memposting tulisan di blog ini, hmm.... rasanya kangen juga. Sibuk dengan urusan pekerjaan membuat hampir lupa untuk update tulisasn di blog ini. Maklumlah akhir-akhir ini pekerjaan saya lagi sibuk-sibuknya sehingga waktu untuk mengupdate postingan hampir tak ada. Saya ada sebuah tips sederhana untuk teman-teman yang membaca tulisan ini. Pernahkah anda mengalami kejadian ketika akan sign in / log in ke sebuah account, anda lupa password yang anda buat sendiri?

Mungkin sering ya, apalagi kalau anda memilki cukup banyak account di beberapa website ataupu situs jejaring sosial. Rasanya gak enak banget kalau kita mengalami hal tersebut, karena kita sendiri yang membuatnya. Tetapi ada sebuah cara yang dapat anda coba untuk membuat password yang aman dan mudah mengingatnya.Apakah password yang sering anda buat berupa kombinasi angka-angka saja? ataupun berupa huruf kapital atau huruf kecil? Saya sarankan jangan pernah anda membuat sebuah password dengan satu kombinasi saja baik berupa huruf ataupun angka, apalagi kalau berupa tanggal lahir anda. Sebaiknya buat password dengan beberapa kombinasi huruf besar, huruf kecil, angka dan tanda baca dan gunakan kata-kata yang tidak lazim. Tetapi kita akan menemui masalah dalam menghapal password kita jika membuat password seperti itu.

Tetapi jangan khawatir, anda dapat dengan mudah membuat password yang sulit di acak tetapi mudah di ingat. Caranya? Gampang kok, sekarang coba anda ambil selembar kertas dan pena, terus anda tuliskan password anda di kertas tersebut, kemudian  lipat kertas tersebut dan masukan di dalam dompet anda dan jika anda akan melakukan sign in ke account anda maka buka saja kertas tersebut. Lho bukannya hal tersebut malah bikin mudah orang lain mengetahui password kita? Nggak kok. Begini caranya yang benar :
  • Pertama anda siapkan password yang anda inginkan, misalnya password yang akan anda buat adalah jaZ453@qaTh0iu.
  • Kemudian anda tulis password tersebut ke sebuah kertas untuk di simpan, tetapi jangan anda tulis semua,  anda tulis seperti ini jaZ@qaTh0iu. Karena susah mengingat kombinasi karakter seperti ini maka anda harus mencatatnya.
  • Anda harus dapat mengingat kombinasi yang tidak anda catat dalam kertas tersebut yaitu 453 dan mengingat letaknya, yaitu anda sisipkan setelah karakter ketiga. Sebaiknya karakter yang anda hapal adalah karakter yang mudah bagi anda untuk mengingatnya.
  • Ketika anda akan Log In ke account pribadi anda, buka catatan kecil anda yang berisi password yang sudah anda potong dan masukan password tersebut, tentunya ditambahin dengan tiga buah  kombinasi karakter yang anda hafal.
Cukup mudah dan simpelkan?
Dengan membuat password seperti ini maka anda akan memilki keuntungan yaitu password yang anda buat akan sulit di acak oleh orang lain ataupun program jahat karena berisi beberapa kombinasi karakter dan kata-kata yang tidak lazim, dan juga anda tidak akan pernah lupa dengan password anda karena anda telah mencatatnya, dan jika catatan password anda jatuh ke tangan orang lain, anda tak akan khawatir karena password yang anda tulis tidak lengkap karena ada beberapa karakter yang anda tidak tuliskan. Bagaimana? tertarik untuk mencobanya?

Selamat mencoba.

1 komentar:

Salon Oyah mengatakan...

Mampirr, slm knal yaaa... please visit my blog ... tq

Posting Komentar

Perbanyak Traffik Di Web mu

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Free Web Hosting